Sejarah Perkembangan Game Di Dunia

Sejarah Perkembangan Game Di Dunia

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa perkembangan teknologi sudah memasuki segala sektor kehidupan baik dari segi industri ekonomi, bisnis, bahkan dunia hiburan. Pengaruh teknologi disektor hiburan salah satunya adalah vidio game.

Bermain game dapat mengusir kebosonan, jenuh, sekaligus mengisi waktu luang di kala senggang. Semakin pesat perkembangan teknologi maka akan semakin mudah pula seseorang dapat mengakses vidio game. Apa lagi di era maraknya penggunaan smartphone seperti sekarang ini, kita dapat bermain berbagai macam game di manapun dan kapanpun. Jauh sebelum vidio game secanggih sekarang ini, vidio game sudah melewati sejarah perkembangan yang sangat panjang. Apalagi saat ini perkembangan game khususnya di dunia online sudah sangat jauh di depan, salah satu situs pengeluaran sgp yang merilis berbagai permainan dengan mudahnya bisa di akses oleh seluruh pemain di seluruh dunia hanya dengan menggunakan android saja. Hebatnya lagi game ini mampu memberikan penghasilan bagi setiap pemainnya.

Sejaran Perkembangan Game di Didunia

Sejarah Perkembangan Game Di Dunia

Semakin berkembangnya teknologi di dunia, inovasi-inovasi baru pun semakin banyak bermunculan tak terkecuali vidio game. Semenjak awal kemunculannya vidio game sudah dilirik sebagai salah satu lahan bisnis yang menjanjikan. Hal ini karena semua kalangan suka memainkanya baik anak kecil, remaja bahkan orang tua. Ini tak luput dari adanya inovasi pada teknologi vidio game yang semakin hari semakin menarik yang mendorong terbentuknya perkembangan game di dunia.

Generasi Perkembangan Vidio Game Dari Tahun ke Tahun

perkembangan game di dunia

  • Teknologi Game Generasi Pertama (1952-1975)

Teknologi game pertama kali diciptakan oleh A.S Douglas pada tahun 1952 di Universitas of Cambridge yang mengawali sejarah perkembangan game di dunia. Game hasil ciptaan Douglas diberi nama Tic-Tac-Toe yang diadaptasi dari permainan tic tac toe atau XOXO. Game ini didemonstrasikanya melalui tesisi dalam rangka mengenai interaksi antara komputer dan manusia. Permainan ini diprogram mengggunakan komputer EDSAC vaccum-tube yang memiliki layar CTR.

Game kedua yang muncul selelah Tic-Tac-Toe adalah Tennis for Two. Permainan ini terinspirasi dari hasil tesis Doughlas yang masih sangat sederhana. Bersamaan dengan mulai naik daunnya komputer di tahun 1961 game ketiga pun muncul. Game ini bernama Spacewar yang diciptakan oleh Steve Russel.

Maraknya perbincangan mengenai game kala itu para mahasiswa berinovasi menciptakan prangkat vidio game yang dapat digubungkan pada televisi. Pada tahun 1975 mulai dikenalkan sebuah konsol game oleh Magnovox yang menjadi cikal bakal konsol game yang dikenal saat ini. Mereka menyajikan vidio game jenis baru yaitu pong.

 

  • Teknologi Game Generasi Kedua (1976-1983)

Digenerasi kedua sejrah perkembangan game di dunia ini teknologi game berkembang semakin pesat. Di masa ini dikenal dengan hadirnya kualitas grafik 4 sampai 8 bit dalam sejarah vidio game dan komputer.  Di masa ini banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba menciptakan teknologi game berbasis konsol seperti Fairchild Channel dan lain-lain. Di masa ini juga terlahir banyak game-game baru yang menggunakan suasana 3D sperti Bettle zone, Pac Man dan lain-lain. Namun pada tahun 1983 konsol game mengalami penurunan pamor dan banyak yang meninggalkannya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kreativitas para pembuat game ditambah makin populernya PC sehingga orang-orang lebih memilih untuk membeli PC dari pada vidio game.

 

  • Teknologi Game Generasi Ketiga (1983-1986)

Merosotnya penjualan konsol game tidak menyurutkan semangat perusahaan untuk melanjutkan produksi konsolnya. Bahkan di tahun 1983 konsol game baru buatan Ninetendo Entertiment System (NES) resmi diluncurkan. Famikom merupakan konsol game pertama yang yang manghadirkan gambar animasi dengan resolusi yang tinggi. Game Super Mario merupakan game yang dikeluarkan konsol ini. Game ini membuat konsol game kembali diminati oleh banyak orang.

 

  • Teknologi Game Generasi Keempat (1988-1993)

Pada tahap ini pamor konsol game terus meroket tidak mengalami penurunan lagi karena kemunculan Ninetendo dengan game Mario Brossnya. Pada tahun 1988 Ninetendo kembali mengeluarkan konsol game terbarunya yang memilki resolusi gambar lebih tinggi yaitu 16 bit yang membawa perubahan derastis pada tata suara, gameplay, grafis dan lain sebagainya. Konsol ini kembali disambut hangat dunia. Selain Ninetendo perusahaaan konsol game lainnya yaitu SEGA turut merilis konsol game yang hampir sama dengan Ninetendo. Ninetendo dan SAGA saling bersaing dalam menciptakan konsol game namun Ninetendo mendapatakan tempat tersendiri dihati para penggemar game kala itu.

 

  • Teknologi Game Genarasi Kelima ( 1994-1999)

Pada masa ini Atari kembali meluncurkan konsolnya yaitu Atari Jaguar yang memiliki kecanggihan yang setara dengan SNES dan Mega Drive. Namun cara penggunaannya yang cukup sulit membuat pamor konsol baru atari ini menjadi kurang diminati. Pada generasi ini SONI meluncurkan konsol game berbasis CD yang kemudian melunculkan Play Station yang mememilki kekuatan 32 bit. Konsol ini menuai perhatian dan kesuksesan.

 

  • Teknologi Game Generasi Keenam (2000-2013)

Pada tahun 2000 Sony semakin merajalela dengan merilis Play Station 2 dengan basis DVD dengan basis yang lebih baik dari semua konsol Ninetendo dan Saga. Satu-satunya yang dapat menyaingi konsol terbaru buatan Sony ini adal Microsioft yang diberi nama dengan Xbox.

 

  • Teknologi Game Generasi Ketujuh (Sekarang)

Dimasa sekarang ini tiga perusahaan konsol yaitu Sony, Microsoft dan Ninetendo masih bersaing ketat dengan mengeluarkan konsol-konsol game terbaru.